Perkembangan pesat industri rak penyimpanan China memiliki prospek masa depan yang menjanjikan

Setelah abad ke-21, skala industri rak China telah berkembang secara bertahap, dan semakin banyak perusahaan rak bermunculan. Dari perspektif rasio produksi rak nasional, tingkat konsentrasinya tinggi. Di pasar domestik, sekitar 70% rak diproduksi di Jiangsu, 20% rak diproduksi di Shanghai, 5% rak diproduksi di Guangdong, dan 5% lainnya berasal dari industri rak dan rak impor di Beijing dan Tianjin.

Dari perspektif skala perusahaan di industri rak, perusahaan perdagangan menengah merupakan mayoritas. Banyak perusahaan rak memiliki teknik produksi, penjualan lengkap, produksi, pengemasan, dan sistem transportasi sendiri. Banyak juga perusahaan rak yang merupakan perusahaan penjualan zero stock.Pesanan yang diterima diproses oleh pabrik pengolahan yang bekerja sama dengan mereka. Penjual rak dan produsen rak berada dalam hubungan yang kooperatif.

Dengan berakhirnya masa transisi aksesi China ke WTO, perusahaan logistik terkenal di dunia, perusahaan pendukung logistik, dan industri rak juga telah mendarat di China. Meskipun industri rak masih dalam tahap pencerahan di Cina, dengan kehadiran mitra asing di industri, pasti akan menghadirkan beberapa karakteristik baru.

Perkembangan industri rak

Pertama-tama, teknologi industri rak China saat ini tunggal, dan tidak ada standar industri yang sesuai. Area industri relatif terkonsentrasi. Unit permintaan hanya memiliki kesempatan untuk memilih pemasok rak yang berbeda, tetapi tidak ada kesempatan untuk memilih rak yang berbeda, karena industri rak secara nasional Produknya sama. Setelah negara asing memasuki industri yang sama, pasti ada perbedaan dalam kualitas produk rak. Maka persaingan pasti akan sengit.

Kedua, karena semakin banyak modal asing yang disuntikkan ke pasar China, semakin banyak perusahaan pasti akan melakukan operasi standar. Untuk meningkatkan efisiensi, kita harus mulai dari sumber keuntungan ketiga, yaitu logistik. Semakin banyak orang secara bertahap akan menyadari kebutuhan rak. Akibatnya, permintaan rak dari berbagai perusahaan semakin meningkat.

Ketiga, pembukaan penuh pasti akan menyebabkan penyebaran permintaan di seluruh negeri, yang pasti akan menyebabkan penyebaran bertahap industri rak dari konsentrasi saat ini ke seluruh negeri.

 

中国仓储货架行业发展迅速 未来前景可观

21世纪后,中国的货架行业的规模逐渐扩展起来,越来越多的货架企业出现了, 从全国货架的出产比例来看,集中程度高。在国内市场上,约70%的货架产自江苏,20%的货架产自上海,5%的货架产自广东,另5%来自北京、天津等各地货架行业和进口货架。

 
从货架行业的企业规模来看,中等规模的贸易型企业占大多数。很多货架企业具备自己的生产工程,完善的销售、生产、包装、运输体系。也有很多的货架公司都是零库存的销售公司,所接到的订单由与之合作的加工工厂进行加工,货架销售方与货架制作方是合作的关系。
 
随着中国入世的过渡期满,世界知名的物流企业,物流配套企业,货架行业也纷纷登陆中国。尽管货架行业目前在中国还处于启蒙阶段,但是随着国外同行业的进驻,必然呈现一些新的特点。
 
首先,目前中国货架行业的技术单一,而且没有形成相应的行业规范,行业区域相对集中,需求单位只有选择不同货架供应商的机会,而不存在选择不同货架的机会,因为全国范围内的货架行业产品都一样。而国外同行业进驻后,必然存在着货架产品质量的差异。那么竞必然会很激烈。
 
其次,随着外资更多的注入我国市场,必然导致越来越多的企业进行规范经营,提高效益就要从物流这第三利润源泉着手,越来越多的人会逐渐认识到货架的必要性,各个企业对货架的需求量也就越来越大。
 
再次,全面的开放,必然带来需求的分散,全国范围内都有,因此必然导致货架行业由目前的集中逐渐向全国扩散。

Seringkali istilah Sistem Manajemen Gudang itu dianalogikan dengan sistem komputerisasi yang mengatur arus pergerakan barang di gudang 

      Sistem Manajemen Gudang secara sederhana adalah kumpulan interaksi dari sub sistem penyusun, dan Manajemen adalah ilmu mengelola sumber daya, sedangkan Gudang adalah tempat penyimpanan barang sementara.

Sistem Manajemen Gudang paling tidak mengandung pemahaman : pengelolaan dari beberapa sistem / sub sistem yang saling terkait di dalam suatu aktifitas penyimpanan barang sementara.    

Beberapa aktifitas di dalam gudang adalah sebagai berikut :

1. Administrasi.
2. Penerimaan barang.
3. Penyimpanan barang.
4. Pengepakan barang ke tempat yang dituju.
5. Pengeluaran barang.

Aktifitas ini saling terkait satu sama lain. Secara organisasi , setiap aktifitas ini sebaiknya dipimpin oleh satu orang semisal Kepala bagian, Leader, Supervisor atau sebutan lain dengan tugas dan tanggung jawab serupa. Tiap kepala bagian diharuskan  paling tidak mengetahui pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh team-nya serta mampu melakukan fungsi-fungsi pengendalian sebagai berikut :

1. Pengendalian Operasional
2. Pengendalian Biaya
3. Pengendalian Personalia

Ketiga fungsi pengendalian ini perlu terus dikembangkan oleh setiap pimpinan. Misalnya untuk Pengendalian Personalia, jangan hanya puas dengan pencapaian saat ini, sebisa mungkin upgrade lah kemampuan team dengan berbagai hal kreatif.

Kepala bagian juga secara rutin berkomunikasi dalam satu forum besar, semisal briefing pagi mengenai target-target (KPI) dan beberapa kesalahan yang masih dijumpai. Pemimipin harus terus mengasah diri untuk mencapai sistem kerja yang lebih baik, karena tidak ada sistem kerja yang sempurna, selalu ada yang  sistem kerja yang lebih baik.

Mengelola gudang menjadi sangat menarik bagi orang-orang yang bekerja di dalamnya,  hal itu dikarenakan karakteristik unik yang dimiliki oleh gudang sebagai berikut :

  1. Sumber Daya Manusia (SDM) di gudang sebagian besar adalah pekerja kasar atau berpendidikan SMU ke bawah dan memiliki kecenderungan sulit diatur, sehingga diperlukan sebuah pendekatan yang personal dan unik dibandingkan dengan pekerja kantor (back office).
  2. Variabel eksternal yang ada sulit dikendalikan oleh personil gudang, misalkan fluktuasi kedatangan barang yang memerlukan penambahan sumber daya pada waktu yang tidak terduga.
  3. Gudang sebagai pusat aktifitas logistik namun tidak memberi nilai tambah secara langsung pada perusahaan. Hal ini memungkinkan prestasi kerja personil gudang tidak begitu terlihat di level management.

Gudang sebagai bagian dari Logistik merupakan bagian kerja yang sangat menarik,  Lebih kepada behind the scene atau supporting department namun sangat vital dalam sebuah perusahaan yang memiliki Gudang.

Gudang sendiri saat ini memiliki arti luas dan lebih dari sekedar tempat penyimpanan saja. Gudang itu sendiri tidak menambah nilai barang secara langsung, tidak ada perubahan citarasa, bentuk, kemasan, dan lain sebagainya. Intinya tidak ada kegiatan proses operasi pada barang, yang ada adalah aktifitas penyimpanan barang serta perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam area gudang.